STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
SMA NEGERI 4 WATAMPONE
TAHUN 2004
SMA NEGERI 4 WATAMPONE
TAHUN 2004
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4
WATAMPONE
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Belakangan
ini, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi di era globalisasi
yang tengah ramai dibicarakan di masyarakat kita serta mengenai era
perdagangan bebas yang akan dimulai sebentar lagi, pemerintah
mencanangkan kegiatan – kegiatan pembaruan yang kelak akan berguna guna
menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas.
Mewujudkan
pemuda – pemudi yang dapat menghadapi era globalisasi dan perdagangan
bebas, serta dapat menjadi wakil Indonesia dalam mengembangkan segala
potensi Negara kita nantinya yang tetap berdasar pada dasar Negara kita
yakni PANCASILA tentu menjadi cita –cita pemerintah yang harus segera
diwujudkan dengan strategi yang efektif mengingat sedikitnya waktu yang
tersisa.
Pendidikan
adalah sektor yang merupakan bagian penting dari usaha pemerintah guna
mewujudkan cita citanya. Adapun pemerintah segera memberdayakan sistem
Kurikulum Berbasis Kompetensi atau “KBK” guna mendapatkan hasil maksimal
dari bidang pendidikan.
Berdasarkan
pengamatan atas usaha dari pemerintah tersebut, penulis ingin
mengetahui apakah sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi tersebut sudah
diterapkan secara baik dan menyeluruh di segala bidang khususnya di SMA .
Dari
uraian di atas, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kurikulum
Berbasis Kompetensi di SMA , penulis bermaksud melakukan penelitian yang
diberi judul “ Studi Deskriptif Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi
di SMA ”.
B. Rumusan Masalah
Pembatasan
masalah dilakukan agar permasalahan tetap berada pada lingkup yang
sesuai serta selalu terarah, diperlukan beberapa pertanyaan yang
membatasi masalah ini, sehingga dapat dicapai solusi yang tepat pada
pokok permasalahan.
a. Adapun pertanyaan – pertanyaan yang peneliti ajukan adalah sebagai berikut :
Apakah “KBK” sudah diterapkan dengan baik di SMA ini ?
Apakah “KBK” sudah diterapkan dengan baik di SMA ini ?
b. Bagaimana pendapat semua perangkat sekolah baik tentang sistem “KBK” ini ?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
a. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui bagaimana sistem “KBK” di SMA Negeri 4 .
2. Untuk mengetahui tanggapan para perangkat sekolah tentang sistem “KBK” di SMA .
b. Manfaat dari penelitian ini adalah :
Menambah pengetahuan khusnya bagi penulis dalam hal penelitian.
Sebagai bahan rujukan atau perbandingan bagi Bapak Kepala Sekolah SMA tentang “KBK” di SMA sehingga dapat melakukan tindakan tepat yang efektif bila masih terdapat kelemahan sehingga SMA Negeri 4 Watampone dapat menjadi SMA Favorit.
Sebagai bahan rujukan atau perbandingan bagi Bapak Kepala Sekolah SMA tentang “KBK” di SMA sehingga dapat melakukan tindakan tepat yang efektif bila masih terdapat kelemahan sehingga SMA Negeri 4 Watampone dapat menjadi SMA Favorit.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Landasan Teori
Landasan
teori adalah bagian penting dalam suatu penelitian, adapun guna dari
landasan teori adalah agar penelitian dapat tepat sasaran dan efektif.
Adapun beberapa landasan teori disini :
a. Sekolah.
Sekolah adalah tempat berkumpulnya seseorang yang ingin mendapatkan
ilmu (siswa) dengan fasilitas lainnya dalam rangka membantu proses
mendapatkan ilmu atau belajar.
b. Kepala
Sekolah. Kepala sekolah atau Headmaster adalah seseorang yang memegang
pimpinan paling tinggi dalam sekolah. Biasanya berfungsi sebagai
pengatur, pengawas, maupun pengambil kebijakan dengan tujuan efektifnya
kegiatan belajar mengajar yang terjadi di sekolah.
c. Guru.
Guru adalah bagian dari fasilitas belajar seseorang yang ingin
mendapatkan ilmu. Guru berfungsi sebagai pengajar atau media belajar
dari siswa tersebut.
d. Siswa.
Siswa adalah seseorang yang ingin mendapat ilmu guna digunakan atau
dikembangkan dalam kehidupannya guna mencapai cita – cita hidup atau
tujuan dari siswa tersebut.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Metode deskriptif adalah metode penelitian yang meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu pemikiran ataupun suatu peristiwa masa sekarang. (Idianto M, 2006: 85, 86).
Metode deskriptif adalah metode penelitian yang meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu pemikiran ataupun suatu peristiwa masa sekarang. (Idianto M, 2006: 85, 86).
Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui
gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta
gejala yang sudah diselidiki.
Adapun langkah – langkah penelitiannya sebagai berikut :
Adapun langkah – langkah penelitiannya sebagai berikut :
Menyusun
proposal penelitian sosial. Penyusunan proposal dilakukan sebagai
langkah awal dalam melakukan penelitian. Penyusunan ini terdiri dari
menentukan topik yang dipilih. Setelah itu peneliti merumuskan masalah.
Mengumpulkan data. Pengumpulan data dilaksanakan setelah proposal penelitian disetujui oleh guru pembimbing. Untuk mengumpulkan data, penulis menetukan dengan cara Kuesioner dan Wawancara.
Mengumpulkan data. Pengumpulan data dilaksanakan setelah proposal penelitian disetujui oleh guru pembimbing. Untuk mengumpulkan data, penulis menetukan dengan cara Kuesioner dan Wawancara.
Wawancara
adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara
Tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan objek
penelitian (Idianto M, 2006: 121 )
Kuesioner
adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara
menyebarkan selebaran yang diisi oleh objek penelitian. ( Idianto M,
2006: )
Pengolahan Data. Setelah data – data terkumpul, penulis akan mengolah data tersebut dengan teknik tabulasi.
Pengolahan Data. Setelah data – data terkumpul, penulis akan mengolah data tersebut dengan teknik tabulasi.
Penyusunan
Laporan. Setelah tahap – tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka
langkah selanjutnya adalah menyusun laporan agar tujuan dan manfaat
dapat dikomunikasikan.
1. Waktu Penelitian
Waktu penelitian dilaksanakan dari Bulan Januari sampai dengan Bulan Maret 2007.
Waktu penelitian dilaksanakan dari Bulan Januari sampai dengan Bulan Maret 2007.
2. Personalia Penelitian
1. Nama Lengkap : Christian Fernando NIS.04051007
2. Nama Lengkap : Ray Hidayat NIS.04051247
1. Nama Lengkap : Christian Fernando NIS.04051007
2. Nama Lengkap : Ray Hidayat NIS.04051247
3. Anggaran Biaya
Anggaran biaya pada penelitian ini diperoleh dari iuran anggota dengan rincian :
A. Pemasukan
Anggaran biaya pada penelitian ini diperoleh dari iuran anggota dengan rincian :
A. Pemasukan
Iuran Anggota :@Rp. 45.000,00 X 2 = Rp. 90.000,00
B. Pengeluaran
Penyusunan Proposal Rp. 40.000,00
Pembuatan Pertanyaan Untuk Kuesioner Rp. 30.000,00
Wawancara Rp. 20.000,00 +
Total pengeluaran Rp. 90.000,00
Daftar PustakaPembuatan Pertanyaan Untuk Kuesioner Rp. 30.000,00
Wawancara Rp. 20.000,00 +
Total pengeluaran Rp. 90.000,00
http://antho-goodwill.blogspot.com/2011/11/penelitian-sosial.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar