Selasa, 08 Mei 2012

Masalah-masalah atau mitos-mitos yang di hadapi atau di dapatkan dalam masyarakat :  
MITOS        :    Minum es bisa membuat janin besar.
FAKTA        :    Minum es bisa membuat janin besar, sebenar hal  tersebut tidaklah benar tetapi biasanya ibu hamil yang minum es disertai dengan sirup sangat berbahaya karena ditakutkan mempunyai kadar gula tinggi, apalagi mempunyai riwayat penyakit diabetesmellitus, penyakit ini berisiko mengalami fertilitas, aborsi, kematian janin dalam uterus, bayi makrosomia, hipertensidan distosia bahu. (Sumber : Winson. N. V, McDonald. S. Kamus Kebidan Bergambar. Cetakan 1. Jakarta : ECG; 2009)
MITOS        :    Banyak mengatakan bahwa perut gatal menandakan rambut janin tumbuh.
FAKTA        :    Sebenarnya hal tersebut tidak benar, yang membuat perut gatal saat hamil yaitu terjadinya pembesaran rahim yang menimbulkan regangan dan memyebabkan robeknya serabut elastis di bawah kulit. . (Sumber : Rustam Mochtar. Sinopsis Obstetri. Edisi kedua; Jakarta: ECG;1998)
MITOS        :    Janin akan tumbuh lebih besar dan sehat jika ibu makan banyak.
FAKTA        :    Wanita hamil harus betul-betul mendapatkan perhatian susunan dietnya, terutama mengenai kalori, protein, yang berguna untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan anemia, abortus, partus prematurus, inertia uteri, pendarahan pasca persalinan dan lainnya. Sedangkan makan makanan yang berlebihan dapat mengakibatkan komplikasi seperti gemuk, pre-eklamsia, janin besar dan lainnya. Zat-zat yang diperlikan ibu hamil yaitu protein, karbohidrat, zat lemak, mineral, atau bermacam-macam garam terutama kalsium, fosfor, zat besi (Fe), vitamin dan air. Zat-zat tersebut dapat kita peroleh dari makanan yang kita makan sehari-hari dan pengobatan tambahan yang diberikan bila ada kekurangan. Yang perlu diperhatikan yaitu sebenarnya cara mengatur dan pengolahan menu makan. (Sumber : Rustam Mochtar. Sinopsis Obstetri. Edisi kedua; Jakarta: ECG;1998)
MITOS        :    Berhubungan seks saat hamil bisa menyebabkan keguguran.
FAKTA        :    Sebenarnya berhubungan seks pada saat hamil tidak dihalangi, kecuali ada sejarah, sering abortus atau prematur, pendarahan pervaginam, pada minggu terakhir kehamilan perlu berhati-hati, bila ketuban sudah pecah, koitus dilarang, dikatakan orgasme pada kehamilan tua dapat menyebabkan kontraksi uterus dan partus prematurus. (Sumber : Rustam Mochtar. Sinopsis Obstetri. Edisi kedua; Jakarta: ECG;1998)
MITOS        :    Banyak ibu hamil tidak mau mengkonsumsi obat yang diberikan pada bidan seperti Fe karena selain baunya tidak enak, masi banyak masyarakat beranggapan minum obat-obatan saat hamil bisa membuat janin menjadi besar.
FAKTA        :    Minum obat-obatan saat hamil bisa membuat janin menjadi besar tidaklah benar selama dosis yang sesui, seperti Fe yaitu tablet penambah darah yang penting bagi ibu hamil sebab berfungsi untuk mencegah anemia, serta pengobatan kekurangan zat besi dan asam folat, dan tablet Fe ini mengadung folid acid yaitu vitamin kelompok B kompleks yang penting untuk pertumbuhan eritrosit yang sehat. Pemberian tablet Fe selama hamil yaitu 90 tablet dosis 1x1. (Sumber : Badan POM No.Reg GBL. 0406311717A1 dan buku Winson. N. V, McDonald. S. Kamus Kebidan Bergambar. Cetakan 1. Jakarta : ECG; 2009)
MITOS        :   Minum minyak memperlancar persalinan kelak.
FAKTA        :     Walau pun minum minyak sebanyak-banyaknya tidak akan sampai ke vagina. Karena apa yang minum itu diserap oleh darah dan tidak ada pengaruhnya dengan persalinan. Jadi sebenarnya, kelancaran persalinan sangat tergantung faktor mental dan fisik si ibu. Faktor fisik berkaitan dengan bentuk panggul yang normal dan seimbang dengan besar bayi. Sedangkan faktor mental berhubungan dengan psikologis ibu, terutama kesiapannya dalam melahirkan. Bila ibu takut dan cemas, bisa saja persalinannya jadi tidak lancar hingga harus dioperasi. Ibu dengan mental yang siap bisa mengurangi rasa sakit yang terjadi selama persalinan.


 Sumber :
Winson. N. V, McDonald. S. Kamus Kebidan Bergambar. Cetakan 1. Jakarta : ECG; 2009.
Rustam Mochtar. Sinopsis Obstetri. Edisi kedua; Jakarta: ECG;1998.
Badan POM No.Reg GBL. 0406311717A1.
http://goodwill-example.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar