Jumat, 11 Mei 2012

PERBEDAAN ANTARA ADMINISTRASI NEGARA DAN ADMINISTRASI NIAGA

PERBEDAAN –PERBEDAAN POKOK ANTARA ADMINISTRASI NEGARA DAN ADMINISTRASI NIAGA



FAKTOR TUJUAN

ADMINISTRASI  NEGARA  : BERTUJUAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAKMURAN SELURUH RAKYAT TERLEPAS DARI SISTEM POLITIK DAN PEREKONOMIAN YANG DI ANUT.

ADMINISTRASI  NIAGA  :  BERTUJUAN UNTUK MENGUSAHAKAN KEABADIAN KELANGSUNGAN HIDUP ORGANISASI


FAKTOR MOTIF

ADMINISTRASI NEGARA :  DALAM PROSES PELAKSANAAN KEGIATAN NYA  BERMOTIFKAN PEMBERIAN SERVICE YANG EFESIEN , SEEKONOMIS  DAN SEEFEKTIF MUNGKIN.

ADMINISTRASI NIAGA  :  DALAM  OPERASINYA BERMOTIFKAN KEUNTUNGAN YANG WAJAR ATAS MODAL YANG DITANAM.

SIFAT PELAYANAN

ADMINISTRASI  NEGARA  :  MELAYANI SEMUA WARGA NEGARA  DENGAN PERLAKUAN YANG SAMA  KARENA WARGA NEGARA  ITU DI MATA HUKUM BERKEDUDUKAN YANG SAMA.

ADMINISTRASI NIAGA   :  DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN SERING MEMBERIKAN SIFAT SERVIS YANNG DIBERIKAN KARENA MOTIF UNTUK MENCARI KEUNTUNGAN.

WILAYAH YURIDIKSI

ADMINISTRASI  NEGARA :  MEMOUNYAI WILAYAH KEKUASAAN YANG SAMA LUASNYA DENGAN WILAYAH KEKUASAAN NEGARA.

ADMINISTARSI NIAGA  :     ORGANISASI NIAGA TIDAK MEMPUNYAI  WILAYAH  KEKUASAAN  HANYA MEMPUNYAI WILAYAH  OPERASI  YANG LUASNYA DAPAT SAMA ATAU LEBIH KECIL  ATAU LEBIH LUAS DARI WILAYAH KEKUASAAN NEGARA.

KEKUASAAN

ADMINISTRASI NEGARA :  MEMPEROLEH KEKUASAAN KEKUASAAN      DARI RAKYAT  MELALUI LEMBAGA PERWAKILAN RAKYAT KERENA DALAM SUATU NEGARA RAKYATLAH YANG DEMOKRATIS RAKYATLAH YANG MERUPAKAN SUMBER DARI SEMUA KEKUAASAAN .

ADMINISTRASI NIAGA  :  KEKUASAAN TERGANTUNG DARI BESARNYA MODAL YANG DIMILIKI ,KETRAMPILAN, TEKNIS, DAN MANAGERIAL YANG DIMILIKI SERTA KEMAMPUAN  UNTUK MEMANFAATKAN   HASIL-HASIL  KEMAJUAN  DIBIDANG TEKNOLOGI LEBIH DARI KOMPETITORNYA.

ORENTASI POLITIK

ADMINISTRASI NEGARA  : SELURUH APARAT  DAN PERSONALIA NYA SEBAGAI ABDI DARI RAKYAT  BERORENTASI POLITIK NETRAL . SEBAGAI ALAT PELAKSANA KEBIJAKAN  DEMI KEPENTINGAN RAKYAT   TIDAK  MEMIHAK DAN BERDIRI DIATAS SEMUA  GOLONGAN .

ADMINISTRASI NIAGA   : MENJALANKAN POLITIK PILIHANNYA SECARA MEMIHAK     DAN MENGANUT  SESUATU ALIRAN  YANG DIANGGAPNYA  AKAN MEMBANTU  USAHANYA –USAHANYA  DALAM MENGABDIKAN KEHIDUPAN ORGANISASI  . ALIRAN POLITIK  ORGANISASI NIAGA  IDENTIK  DENGAN ORIENTASI  POLITIK  SEBAGIAN BESAR PEMILIK MODAL DALAM ORGANISASI .

CARA BEKERJA

ADMINISTRSI NEGARA : CARA BEKERJANYA  LAMBAN  AKIBAT  DARI  APPROACH  LEGALITAS  YANG DIPERGUNAKAN OLEH ADMINISTRASI NEGARA  .

ADMINISTRASI NIAGA   :  KEGIATAN –KEGIATAN NYA LEBIH  SERING DIDASARKAN  KEPADA APPROACH  PROGRAMATIS  DARI PADA LEGALITAS .SIFAT INOVATIF  SANGAT DIPERLUKAN.

ATAUW..... 

Perbedaan & Persamaan Administrasi Negara dan Administrasi Niaga


Perbedaan Perbedaan Pokok antara Administrasi Negara & Administrasi Niaga
Faktor
Administrasi Negara
Administrasi Niaga
1. Tujuan
Meningkatkan kemakmuran seluruh
rakyat
Mengusahakan keabadian kelangsungan
hidup organisasi
2. Motif
Pemberian service yang seefisien,
seekonomis dan seefektif mungkin
kepada warga negaranya
Keuntungan yang wajar atas modal yang
telah ditanam.
3. Sifat
Pelayanan
Pemerintah berkewajiban melayani
semua warga negara dengan perlakuan
yang sama
Membedakan service, karena motif untukmencari keuntungan
4. Wilayah
Yurisdiksi
Wilayah kekuasaan yang sama luasnya
dengan Wilayah kekuasaan Negara
Tidak punya wilayah kekuasaan hanya
wilayah operasi yang luasnya dapat sama
lebih kecil/luas dari kekuasaan Negara
5. Kekuasaan
Memperoleh kekuasaan dari rakyat
kekuasaan terletak pada besarnya modal,
keterampilan dan teknis manajerial
6. Orientasi
Politik
Aparat dan personalianya sebagai abdi
rakyat berorientasi politik netral
menjalankan politik pilihannya secara
 memihak dan menganut aliran yang sekiranya akan membantu usahanya
7. Cara
Bekerja
Proses AN lebih lamban dibanding Administrasi Niaga
Proses administrasi niaga kegiatanya lebihsering didasarkan pada approach
programmatis daripada legalistis
Persamaan Administrasi Negara dan Administrasi Niaga
1.      Sebagai fenomena sosial
2.      Terdapat dalam suatu organisasi
3.      Kegiatan dari kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tujuan bersama
4.      Adanya sekelompok manusia dan kerjasama dari kelompok tersebut
5.      Adanya bimbingan pemimpin dan pengawasan
6.      Adanya tujuan kelompok
Penjelasan:
      1.      Faktor Tujuan
AN bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran seluruh rakyat karena terlepas dari sistem politik dan perekonoomian yang dianut oleh suatu negara, semua negara mengatakan bahwa negara itu adalah welfare state.
Administrasi Niaga bertujuan untuk mengusahakan keabadiaan kelangsungan hidup organisasi yang dimungkinkan oleh adanya akumulasi modal, penambahan investasi, diversifikasi produk yang dihasilkan, dan keuntungan yang wajar.
      2.      Faktor Motif
Administrasi Negara dalam pelaksanaanya bermotifkan pemberian service yang seefisien, seekonomis, dan seefektif mungkin kepada setiap warga negara yang harus dilayani. Pemberian service yang efisien, ekonomis, dan efektif itu merupakan conditio sine quanon administrasi, karena telah dikatakan tujuan yang hendak dicapai oleh negaranya tidak terbatas, sedangkan alat perumusanya selalu terbatas.
Administrasi Niaga dalam operasinya bermotifkan keuntungan yang wajar atas modal yang telah ditanam karena keuntungan yang wajar itu berarti bahwa:
Ø  Organisasi niaga itu berhasil memuaskan sebagain kebutuhan langganan
Ø  Berhasil memberikan dividen yang memuaskan kepada kaum pemilik modal yang ditanam didalam organisasi
Ø  Memungkinkan reinvestasi modal demi perluasan usaha dan difersivikasi produk, dan yang terpenting
Ø  Lebih menjamin kelangsungan hidup organisasi.
      3.      Sifat Pelayanan
Administrasi Negara dalam hal ini aparatur pemerintah berkewajiban melayani semua warga negara dengan perlakuan yang sama karena warga negara itu dimata hukum berkedudukan sama, oleh karenanya harus diberipula pelayanan yang sama.
Administrasi Niaga dalam pemberian pelayanan sering membedakan sifat service yang diberikan karena motif untuk mencari keuntungan itu. Biasanya perbedaan pelayanan  itu didasarkan atas tingkat daya beli langganan, yang berarti tingkat keuntungan yang diduga akan diperoleh dari langganan itu.
      4.      Wilayah Yurisdiksi
Administrasi Negara mempunyai wilayah kekuasaan yang sama luasnya dengan wilayah kekuasaan negara. Maksudnya cakupan wilayah administrasi negara lebih luas karena namanya juga administrasi negara pasti mencakup satu negara contohnya saja penarikan pajak.
Administrasi Niaga, atau organisasi niaga dalam arti mikro, tidak mempunyai wilayah kekuasaan. Yang dimilikinya hanya wilayah operasi yang luasnya dapat sama, lebih kecil, lebih luas dari kekuasaan negara. Maksudnya administrasi niaga ini cakupannya bisa lebih besar dari administrasi negara apalagi jikalau perusahaanya sudah besar wilayahnya dapat mencakup dunia.
      5.      Kekuasaan
Administrasi Negara memperoleh kekuasaan dari rakyat melalui lembaga perwakilan karena dalam suatu negara yang demokratis rakyatlah yang merupakan sumber dari semua kekuasaan. Zaman sekarang saya rasa seseorang tidak akan memperoleh kekuasaan tanpa dukungan rakyat apalagi orang orang yang menjadi wakil di gedung putih sana.
Kekuasaan terletak pada besarnya modal, skills teknik dan manajerial yang dimiliki serta kemampuan untuk memanfaatkan hasil hasil kemajuan di bidang teknologi.
      6.      Orientasi Politik
               Administrasi Negara dan seluruh aparat dan personalianya sebagai abdi dari rakyat berorientasi politik netral. Artinya sebagai alat pelaksanaan kebijaksanaan demi kepentinagn rakyat ia tidak memihak tapi berdiri di atas semua golongan, aliran dan lapisan yang ada dalam masyarakat.
         Administrasi Niaga menjalankan politik pilihannya secara memihak dan menganut suatu aliran yang dianggapnya akan membantu usahanya dalam mengabdikan kehidupan organisasi. Dengan kata lain aliran politik organisasi niaga identik dengan orientasi politik sebagian besar pemilik modal pemilik modal dalam dalam organisasi.
      7.      Cara Bekerja
          AN lebih lambat di banding ANI. Kelambanan ini adalah akibat dari approach legalitas yang dipergunakan oleh administrasi negara yang sifatnya memang lebih menonjol dibandingkan dengan administrasi niaga.
              Proses administrasi niaga kegiatannya lebih sering didasarkan kepada approach programmatis daripada legalistis. Sebagai akibat pula dari kompetisi itu maka sifat inovatif sangat diperlukan dan cara terpenting untuk memenangkan persaingan yang bersifat domestik, regional, maupun internasional.

3 komentar: